Pahala bagi orang yang bersedekah & berinfak

Hai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at.  Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. ( QS Al Baqarah; 254)

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.  Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS AL Bqarah; 261-262)

Dengan bersedekah dan berinfak kita akan mendapatkan begitu banyak  pahala dan kebaikan.  Selain itu dengan bersedekah kita dapat membantu saudara-saudara kita  dan menguatkan tali silahturahmi.  Dari bersedakah, do’a ataupun keinginan  kita isyallah akan diijbah oleh Allah.   Hendaknya bersedekah dilakukan secara ikhlas karena oleh bukan mengharap pujian dari orang lain. Ada istialah ..bersedekahlah sesuai kemampuan walaupun nilainya kecil.. hal ini memang ada benarnya, namun banyak diantara kita sering menyalah artikan  bahwa bersedekah dapat dengan nilai yang sekecil-kecilnya.  Alangkah lebih baik jika kita bersedekah lebih banyak disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita.   Jangan takut menyedekahkan harta  yang kita miliki.  Kita harus tahu bahwa harta yang kita miliki adalah titipan Allah kepada kita untuk dikelola dengan sebaik-baiknya.   Dari harta yang kita miliki ada hak orang lain yang wajib kita berikan.

Insyallah dengan bersedekah dan berinfak kita akan mendapatkan pahala dari Allah dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s