BERSYUKUR

Kencenderungan manusia memang mengeluhkan sesuatu yang belum diraihnya dan melupakan apa yang telah didapatkannya.  Oleh karena itu manusia kerap kali becermin kepada dirinya sendiri bahwa ia adalah orang yang belum tercukupkan.  Lalu, yang lebih parah jika manusia itu tidak puas becermin pada keadaan orang lain yang lebih beruntung dari pada dia.

Alhasil, yang  muncul adalah keluhan, bahkan berubah menjadi nafsu ingin mendapatkan yang lebih dan lebih.  Padahal, kalau si  manusia mau merenung dan bercerminssaja kepada orang-orang di sekitarnya-saudara atau tetangganya yang kurang beruntung , pastilah manusia tersebut bisa merasakan betapa besarnya kelebihan nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya.

Saudaraku coba luangkan  waktu untuk mengecek sekeliling kita.  Datanglah ke keluarga kita yang kurang beruntung; yang belum punya rumah, yang belum punya kendaraan, yang serba sulit makan 2 kali sehari, yang ditipu, yang terbelit utang, dan yang belum lulus.  Bandingkan dengan keadaan kita sekarang.  Apakah kita masih kurang bersyukur???

Allah sangat benci orang yang kufur nikmat alias tidak pernah mensyukuri nikmat yang ada.  Allah tidak melarang manusia untuk berdoa dan lebih kepada-Nya.   Namun jangan sampai manusia melupakan apa yang telah Allah berikan kepadanya.  Lebih-lebih orang yang telah diberi tidak mau bersyukur, dan enggan berbagi dengan saudara-saudaranya.  Orang seperti ini benar-benar dilaknat oleh Allah.

Tidak rugi bagi kita unutk becermin kepada orang yang lebih kurang beruntung daripada  kita karena hal itu justru akan menjadikan bertambah syukur kita atas nikmat yang Allah berikan. Allah menjajikan orang yang bersyukur dengan sukacita dan keikhlasa maka akan ditambah nikmatnya berlipat ganda.

‘ Kerap kali kita membanding apa yang kita peroleh dengan orang yang memperoleh di atas kita.  Padahal, mengeluhkan apa yang sudah kita peroleh sama dengan menghinakan kenikmatan dari Allah.  Sungguh, sikap seperti ini benar-benar tidak tahu diri di hadapan Allah.

@@ Gym-30 hari menjemput berkah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s