Meneladani Rosulullah

Nabi muhammad SAW adalah panutan (uswatun khasanah) bagi kita semua. Rosulullah sebagai nabi yang membawa manusia dari jalan kegelapan menuju jalan cahaya yang penuh anugerah. Beliau sebagai peletak dasar-dasar akhlak mulia. Segala perilaku dan sikap Rosul mencerminkan keutamaan akhlak baik bagi keluarga, sahabat maupun kaum muslimin seluruhnya.
Rosulullah dianugerahi oleh Allah mempunyai kemampuan mengungkapkan kata-kata yang singkat, namun padat maknanya. Diantara nasihatnya yang paling berharga adalah anjuran untuk menghiasi diri dengan akhlak mulia. Nabi tidak hanya menganjurkan dengan kata-kata. Beliau juga mempraktikannya terlebih dahulu dengan sempurna, sehingga beliau benar-benar menjadi teladan yang tiada tara bagi kita semua.
Akhlak yang dipraktikan Nabi semuanya bersumber pada Al Qur’an. Rosulullah saw adalah sosok manusia yang berhati bersih, penyabar, pemaaf, bijak , lapang dada, zahid , rendah hati, penuh kasih sayang, dan perilakunya selalu menyejukkan hati dan jiwa. Semoga kasih sayang dan keslamatan dari Allah selalu tercurahkan kepada beliau.
Islam menjanjikan orang yang berakhlak mulia dengan pahala yang agung. Dengan akhlak mulia dan ketaqwaan seseorang akan terhantarkan dengan selamat menuju pintu gerbang surga. Ketaqwaaan menjaga hubungan baik antara seorang hamba dengan Tuhannya, dan akhlak mulia juga akan membangun hubungan konstruktif antara seseorang dengan sesamanya.
Hubungan integral antara keimanan dan akhlak mulia sangat erat sekali. Bila seseorang memiliki akhlak yang baik maka menandakan keimanannya juga sempurna. Orang yang mukanya tampak cerah dan ceria, selalu menahan diri dari ucapan dan tindakannya tidak menyakiti orang lain serta selalu berusaha memberikan kemanfaatan kepada orang lain adalah orang yang mulia disisi Allah SWT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s