Bahaya Menjomblo

Tulisan sebelumnya saya telah membahas tentang fiqh munakahat yang membahas tentang persiapan dan tanggungjawab setelah menikah. Kali ini saya masih membahas materi seputar Fiqh munakahat yaitu tentang bahayanya menjomblo.
Kenapa menjomblo berbahaya? Kita telah berusaha tetapi kenapa jodoh tak kunjung datang?

Kebanyakan orang yang belum menikah tempramennya tinggi suka marah-marah, setiap persoalan dihadapi dengan penuh emosi, kurang bersosialisasi, dll. Biasanya mereka cenderung menutup diri.
Sabda Nabi”Barang siapa yang membenci menikah maka mereka bukan umatku”.
Seorang wanita mukmin yang menjaga kehormatannya (tidak menikah) karena tidak ada orang saleh di lingkungannya, maka wafatnya dalam keadaan syahid di jalan Allah.

Menikah merupakan penyempurnaan din kita sebagai orang Islam. orang yang telah menikah berarti telah sempurna agamanya. Pernikahan menciptakan kebahagiaan dan ketentraman dalam mengarungi kehidupan ini. Dengan menikah kita akan menjadi semakin dewasa, semakin sabar, dan berusaha maksimal untuk mencapai keluarga yang bahagia. Menikah menjadi salah satu solusi untuk menghadapi berbagai problema kehidupan.
Kebanyakan orang jomblo memikirkan bahwa setelah menikah kehidupan menjadi semakin repot dan sulit. Harus melayani istri/suami, mengurus anak, mengurus rumah tangga, dan bagaimana bermasyarakat, inilah yang menjadi paradigma penghambat seseorang untuk menikah. Mereka taku terjatuh sebelum melangkah?
sebagai seorang muslim yang sudah merasa mampu untuk menikah segeralah menikah.  Ketika jodoh belum ada maka giatlah berusaha; menghadiri forum ta’aruf, banyak menjalin relasi (berteman dengan banyak orang), atau bisa juga meminta pihak ketiga yang kita percaya untuk mencarikan pendamping bagi kita. Setiap usaha kita harus sertai dengan doa dan melakukan amal kebaikan agar segera bertemu dengan jodoh kita.
Umur saya sudah tua, siapa yang mau dengan saya?
Kebanyakan orang yang sudah berumur dan belum menikah, mereka hidup dengan kecukupan sehingga tidak perlu menikah untuk mecukupi kehidupannya (mayoritas perempuan mapan).  Mereka yang belum menikah sebetulnya dalam hati mereka ada setitik keinginan untuk menikah tetapi mereka malu atau minder. Keinginan tidak menikah juga bisa diakibatkan dari pengalaman kekerasan yang dialami keluarga terdekat seperti orang tua yang berpisah karena KDRT, dapat menjadikan anak berkeinginan untuk tidak menikah. Sebab lain yang juga bisa menyebabkan seseorang belum menemukan jodohnya, mungkin karena dosa-dosanya dimasa lalu. BUka Qur’an Surah An Nisa ayat 111. Maka jika kita merasa kesulitan menemukan jodoh, bertobatlah terlebih dahulu, diingat-ingat kembali dosa di masa malu, mohon ampun kepada Allah. Setelah itu kita harus giat, ikhtiar dan berdoa’a agar segera bertemu dengan jodoh kita.

Jangan bilang nikah nggak pakai UAng?
Selama ini banyak orang yang belum menikah karena merasa belum memiliki materi yang cukup untuk meminang seseorang, sehingga mereka hanya fokus pada pencarian materi (uang) saja. Menikah merupakan sarana pembuka pintu rizki, maka jangan takut untuk menikah. Ketika kita berusaha dan yakin, maka Allah akan menolong kita. Jika kita tidak mampu membuat pesta pernikahan yang megah, cukup dengan pernikahan yang sederhana misalnya Di KUA yang hanya dihadiri oleh keluarga ,dengan tetap menghadirkan suasana yang sakral dan khusuk serta bahagia.

Salut bagi mereka yang mampu menerima pasangannya apa adanya, kekurangan (cacat fisik maupun materi) tidak menjadikan halangan bagi mereka. Semoga keberkahan beserta keluarga mereka. # syukur dan sabar dalam pernikahan untuk menggapai kebahagiaan.

Bagi yang belum menemukan jodohnya jangan putus asa; Tetap sehat tetap semangat, semakin giat mencari, ikhtiar, dan berdoa kepada Allah disertai dengan amal shaleh agar jodoh segera menyapa!! : )

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s