Mukmin

Sungguh menabjubkan perilaku orang mukmin. Semua keadaan adalah baik baginya.  Jika memperoleh kesenangan ia bersyukur, dan yang demikian itu adalah baik baginya; jika ia ditimpa kesusahan, ia bersabar, dan yang demikian itu adalah baik baginya.  Perilaku seperti itu hanya ada pada diri seorang mukmin.” (H.R. Muslim dan Ahmad)

Sungguh beruntung orang-orang mukmin, yang digambarkan memiliki perilaku seperti pada hadis di atas.   Hanya orang-orang  beriman orang yang benar-benar bahagia dan beruntung.  Bagaimana keadaannya, tidak ada kecemasan yang menghantui mereka, tidak pula kegelisahan menyelimuti hati mereka atau bahkan kekerdilan jiwa yang mengngunggkung hidup mereka.

“Orang mukmin adalah orang  yang bahagia dengan kesehatannya dan nikmat lain yang diterimanya, karena ia menggunakannya untuk mencari ridho Allah dan untuk beribadah kepada-Nya dalam wujud ibadah, syukur, dan khidmat.”

Jika Allah menjadikan mereka kaya, ia menjadi orang yang bahagia karena hartanya barakah yang digunakan untuk mencari ridho Allah dan beribadah kepada Rabbnya.

Jika ia miskin, kemiskinannya itu tak mencegahnya untuk tetap beribadah kepada Allah dan menggagungkan asma-Nya. ia bersabar, merasa cukup, dan ridho dengan bagian yang sedikit itu.

Jika badannya sehat dan tubuhnya kuat, ia jadikan kesetan dan kekuatan itu  untuk berkhidmat kepada Rabbnya dan beribadah penuh ketaaatan kepada-Nya.

Jika ia sakit, ia bersabar dan mengharapkan balasan dari Allah semata.  Ia yakin bahwa sakitnya menjadi penghapus kesalahan, pencuci dosa, dan pembersih keburukan-keburukannya.

Semoga kita termasuk orang mukmin seperti diatas, yang selalu bersyukur atas karunia-Nya dan bersabar atas cobaan dari-Nya.

Berbagai peristiwa yang kita alami dalam kehidupan ini merupakan tarbiyah (Pembelajaran) dari-Nya, dengannya diharapkan kita mampu belajar dan menyerap hikmah yang berharga.  Butiran mutiara ujian adalah bukti Mahakasih-Nya kepada kita, Semakin banyak tempaan semakin kokoh azzam dan hikmah kita untuk terus berjuang lillahita’alla.

 

Resume: Buku Living Smart (ProU media)  karya M Nazhif Masykkur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s